Home » , , , » Pantun dan Puisi Lucu ! Www.pantun lucu.com

Pantun dan Puisi Lucu ! Www.pantun lucu.com

Written By Unknown on Thursday 6 February 2014 | 00:50

 pantun lucu

Kenapa Pantun Lucu ?

Pantun lucu menjadi diantara style puisi lama yang amat luas di kenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun lucu datang dari kata patuntun dalam bhs Minangkabau yang artinya " petuntun ". Dalam bhs Jawa, umpamanya, di kenal sbg parikan, dalam bhs Sunda di kenal sbg paparikan, serta dalam bhs Batak di kenal sbg umpasa (baca : uppasa). Lazimnya pantun lucu terdiri atas empat larik (atau empat baris seandainya dituliskan), tiap-tiap baris terbagi dalam 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b serta a-a-a-a (tak bisa a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun lucu pada awalannya menjadi sastra lisan tetapi saat ini didapati juga pantun lucu yang terdaftar.


Seluruhnya wujud pantun lucu terdiri atas dua sisi : sampiran serta isi. Sampiran yaitu dua baris pertama, acapkali kali bersangkutan dengan alam (mencirikan budaya agraris warga pendukungnya), serta kebanyakan tidak memiliki jalinan dengan sisi ke-2 yang memberikan maksud tak hanya buat mengantarkan rima/sajak. Dua baris paling akhir menjadi isi, yang disebut maksud dari pantun lucu itu.

Karmina serta talibun menjadi wujud kembangan pantun lucu, dalam artian punya sisi sampiran serta isi. Karmina menjadi pantun lucu " versus pendek " (cuma dua baris), dan talibun yaitu " versus panjang " (enam baris atau lebih).

Mengenai Pantun SMS Lucu ?

Pantun sms lucu adalah satu diantara type puisi lama yang benar-benar luas di kenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun sms lucu datang dari kata patuntun dalam bhs Minangkabau yang bermakna " petuntun ". Dalam bhs Jawa, umpamanya, di kenal untuk parikan, dalam bhs Sunda di kenal untuk paparikan, serta dalam bhs Batak di kenal untuk umpasa (baca : uppasa). Lazimnya pantun sms lucu terdiri atas empat larik (atau empat baris apabila dituliskan), tiap-tiap baris terbagi dalam 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b serta a-a-a-a (tak bisa a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun sms lucu pada awalnya adalah sastra lisan tetapi saat ini didapati juga pantun sms lucu yang tercatat.

pantun sms lucu


Seluruhnya wujud pantun sms lucu terdiri atas dua sisi : sampiran serta isi. Sampiran yaitu dua baris pertama, sering kali terkait dengan alam (mencirikan budaya agraris orang-orang pendukungnya), serta umumnya tidak mempunyai jalinan dengan sisi ke-2 yang mengemukakan maksud tak hanya untuk mengantarkan rima/sajak. Dua baris paling akhir adalah isi, yang disebut maksud dari pantun sms lucu itu.

Karmina serta talibun adalah wujud kembangan pantun sms lucu, dalam artian mempunyai sisi sampiran serta isi. Karmina adalah pantun sms lucu " versus pendek " (cuma dua baris), sedang talibun yaitu " versus panjang " (enam baris atau lebih).

Tentang Pantun2 Lucu ?

Pantun2 lucu sebagai satu diantara model puisi lama yang benar-benar luas di kenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun2 lucu datang dari kata patuntun dalam bhs Minangkabau yang artinya " petuntun ". Dalam bhs Jawa, contohnya, di kenal buat parikan, dalam bhs Sunda di kenal buat paparikan, serta dalam bhs Batak di kenal buat umpasa (baca : uppasa). Lazimnya pantun2 lucu terdiri atas empat larik (atau empat baris seandainya dituliskan), tiap tiap baris terdiri dalam 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b serta a-a-a-a (tdk bisa a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun2 lucu pada awalannya sebagai sastra lisan tetapi saat ini didapati juga pantun2 lucu yang terdaftar.

pantun2 lucu


Seluruhnya wujud pantun2 lucu terdiri atas dua sisi : sampiran serta isi. Sampiran yaitu dua baris pertama, acapkali kali berkenaan dengan alam (mencirikan budaya agraris penduduk pendukungnya), serta kebanyakan tidak mempunyai pertalian dengan sisi ke-2 yang memberikan maksud tidak cuman buat mengantarkan rima/sajak. Dua baris paling akhir sebagai isi, sebagai maksud dari pantun2 lucu itu.

Karmina serta talibun sebagai wujud kembangan pantun2 lucu, dalam artian punyai sisi sampiran serta isi. Karmina sebagai pantun2 lucu " versus pendek " (cuma dua baris), dan talibun yaitu " versus panjang " (enam baris atau lebih).

Apa itu Pantun Puisi Lucu ?

Pantun puisi lucu sebagai diantara style puisi lama yg benar-benar luas di kenal dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun puisi lucu datang dari kata patuntun dalam bhs Minangkabau yg artinya " petuntun ". Dalam bhs Jawa, contohnya, di kenal buat parikan, dalam bhs Sunda di kenal buat paparikan, serta dalam bhs Batak di kenal buat umpasa (baca : uppasa). Lazimnya pantun puisi lucu terdiri atas empat larik (atau empat baris apabila dituliskan), tiap-tiap baris terbagi dalam 8-12 suku kata, bersajak akhir dengan pola a-b-a-b serta a-a-a-a (tak bisa a-a-b-b, atau a-b-b-a). Pantun puisi lucu pada awalannya sebagai sastra lisan akan tetapi saat ini ditemui juga pantun puisi lucu yg terdaftar.
pantun puisi lucu
pantun puisi lucu

Seluruhnya wujud pantun puisi lucu terdiri atas dua sisi : sampiran serta isi. Sampiran merupakan dua baris pertama, acapkali kali bersangkutan dengan alam (mencirikan budaya agraris penduduk pendukungnya), serta umumnya gak miliki jalinan dengan sisi ke-2 yg mengemukakan maksud tidak cuman buat mengantarkan rima/sajak. Dua baris paling akhir sebagai isi, sebagai maksud dari pantun puisi lucu itu.

Karmina serta talibun sebagai wujud kembangan pantun puisi lucu, dalam artian mempunyai sisi sampiran serta isi. Karmina sebagai pantun puisi lucu " versus pendek " (cuma dua baris), sedang talibun merupakan " versus panjang " (enam baris atau lebih).
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Komentar yang baik adalah komentar yang sesuai dengan topik yang dibicarakan, silahkan berkomentar dengan baik :) Salam.

Template information

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. BUKANPEDIA BLOGSPOT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger